Artikel Virgin Coconut Oil

VCO atau Virgin Coconut Oil tak hanya berfungsi untuk menggoreng atau campuran obat gosok dan minyak rambut. Meski hingga sekarang masih dilakukan penelitian medis tentang kandungan VCO, tetapi sudah cukup banyak masyarakat yang merasakan manfaat setelah mengkonsumsi VCO. Dosen Jurusan Teknologi Pertanian, Fakultas Pertanian Unsri, Dr Ir Filli Pratama, MSc (Hons) mengemukakan VCO adalah minyak murni hasil olahan buah kelapa yang didominasi kandungan medium chain fatty acid (MCFA) yakni komponen asam lemak jenuh berantai sedang sebanyak 93 persen. Kandungan MCFA ini memiliki banyak fungsi antara lain merangsang produksi insulin sehingga proses metabolisme dapat berjalan normal. Selain itu kandungan asam lemak tak jenuh ini juga berman- faat mengubah protein menjadi sumber energi. Dan zat inilah yang berperan besar meningkatkan daya tahan tubuh dan menaklukkan berbagai penyakit. .Sesuai sifat asam lemak tak jenuh berantai sedang, maka kandungannya akan melarutkan kolesterol dalam tubuh. Dengan larutnya kolesterol maka akan melancarkan aliran darah sehingga tubuh akan menjadi lebih bugar,. katanya. Hingga kini penelitian efek medis atau penyembuhan setelah mengkonsumsi VCO masih terus dilakukan. Namun berangkat dari pengalaman sejumlah orang, konsumsi VCO secara teratur dirasakan membawa perubahan ke arah lebih baik yang dirasakan penderita diabetes, kolesterol, kegemukan dan jantung.

Obat Luar
Minyak kelapa murni yang di Malaysia disebut minyak dara. Dara atau minyak perawan dapat dikonsumsi langsung sebagai suplemen dan obat luar. Sebagai suplemen fungsinya menjaga dan mempertahankan kesehatan dan kebugaran dengan cara meminum sebanyak 3,5 sendok makan per hari. Untuk menyembuhkan penyakit atau infeksi dengan cara meminum sebanyak enam sendok makan sehari atau dengan cara mengoleskannya. Untuk menyembuhkan penyakit atau infeksi dengan cara meminumnya sebanyak enam sendok makan sehari atau secara mengoleskannya. Bahan aktif yang terkandung dalam VCO akan disalurkan melalui saluran pencernaan sehingga akan menurunkan tingkat infeksi penyakit. Sebagai obat luar VCO berkhasiat menghaluskan kulit dan menumbuhkan rambut. Dalam teknis ini VCO digunakan sebagai obat luar.

Mungkin masih banyak orang yang belum tahu, bahwa minyak kelapa murni bagi wanita yang mengandung bukan saja membuat sang bayi bersih rambut dan kulitnya serta mudah dilahirkan, tetapi bisa juga meningkatkan kualitas air susu ibu (ASI). Sehingga waktu menyusui, sang bayi menjadi lebih sehat, kuat dan tidak mudah sakit.   Kenapa minyak kelapa murni bisa meningkatkan kualitas air susu ibu (ASI) ? Karena asam-asam amino dan asam lemak yang hanya ditemukan dalam ASI, hanya sedikit terdapat dalam bahan makanan, kecuali minyak kelapa murni dan minyak sawit, yakni yang disebut asam laurat (lauric acid), asam kaprik (capric acid) dan asam kaprilik (caprilic acid).   Dari perbincangan dengan ibu-ibu yang tengah mengandung mengenai manfaat dan khasiat minum minyak kelapa untuk kehamilan, beberapa diantara mereka ada yang tidak tahu sama sekali manfaat meminum minyak kelapa murni, ada yang pernah mendengarnya tetapi belum pernah mengkonsumsinya dan ada yang sudah tahu dari nenek dan ibu mereka serta melakukannya.  

Namun mereka mengaku bahwa mereka hanya dianjurkan minum minyak kelapa murni atau air kelapa muda, kalau sudah mendekati kehamilan tua dan bukan dari awal kehamilan. Saat disinggung apa manfaat dari meminum minyak atau air kelapa ? Jawabannya rata rata hampir sama yaitu agar nanti waktu melahirkan mudah dan lancar, serta rambut kepala dan kulit sang bayi mulus dan bersih.   Mereka tidak mengetahui kalau mengkonsumsi minyak kelapa murni dan produk olahan buah kelapa sejak awal kehamilan, bisa juga meningkatkan kualitas air susu ibu (ASI). Sehingga waktu menyusui, sang bayi menjadi lebih sehat, kuat dan tidak mudah sakit. Itulah sebabnya pemerintah c.q.

Departemen Kesehatan mengadakan program Air Susu Ibu (ASI) eksklusif, bukan lagi 4 bulan tetapi sudah diperpanjang menjadi 6 bulan. Tujuannya adalah agar sang bayi nanti sehat, kuat dan tidak mudah terserang penyakit.   Mengapa ASI itu begitu pentingnya bagi sang bayi ? Hasil penelitian telah membuktikan bahwa air susu ibu itu mempunyai komposisi nutrien yang istimewa karena mempunyai kandungan, disamping berbagai anti bodi (kolostrum), juga asam-asam amino dan asam lemak yang aksklusif yang hanya ditemukan dalam ASI dan hanya sedikit terdapat dalam bahan makanan, kecuali minyak kelapa murni dan minyak sawit, yakni yang disebut asam laurat (lauric acid), asam kaprik (capric acid) dan asam kaprilik (caprilic acid).  

Ketiga asam lemak ini mempunyai sifat antimikroba alami yang poten yang dapat membunuh berbagai jenis mikroorganisme dan jamur seperti HIV, Hepatitis virus C, Herpes, Measle, Ifluenza, Leukemia, Holicobacteri pylori, Clamedia, staphilococcus sp, Gram positif dan negatif, dan Kandida. Laporan hasil penelitian tahun 1998 yang diterbitkan di majalah The American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa para ibu yang sedang menyusui yang mengkonsumsi minyak kelapa murni dan hasil produk olahan buah kelapa, kadar asam laurat, asam kaprik dan asam kaprilik, dalam air susunya meningkat secara signifkan dibanding dengan para ibu yang tidak mengkosumsi minyak kelapa murni, sehingga dapat memberikan perlindungan yang lebih baik kepada bayi yang sedang disusuinya.  

Semasa kehamilan, para ibu secara naluriah dan alami setiap hari menabung dan menyimpan asam lemak yang diperoleh dari bahan makanan ke dalam jaringan lemak (adipos tissue) tubuh, hal ini untuk menjamin bahwa persedian asam lemak yang dibutuhkan nanti cukup optimum waktu menyusui.   Setiap asam laurat dan asam kaprik yang diperoleh dari bahan makanan, khususnya dari minyak kelapa murni dan produk hasil olahan buah kelapa, akan ditimbun sebagai bagian cadangan jaringan lemak tubuh. Lemak dalam ASI sebagian berasal dari deposito lemak tubuh dan sebagian lagi dari bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Jika dalam bahan makanan fungsional utamanya tidak mengandung asam laurat dan asam kaprik, maka kadar lemak dalam air susunya kira kira hanya mengandung asam laurat sekitar 3% dan asam kaprik 1%.

Sebaliknya kalau sedang menyususi mengkonsumsi minyak kelapa murni dan produk makanan olahan buah kelapa, maka kadar asam laurat akan meningkat secara bermagna dan bisa sampai sekitar 50% dan kadar asam kapriknya sekitar 8%. Di negara-negara dimana minyak kelapa murni merupakan bahan makanan fungsional utama sehari-hari, maka kadar asam laurat dan asam kaprik mencapai kadar optimal. ASI yang mengandung semakin tinggi kadar laurat dan asam kaprik maka semakin baik untuk melindungi sang bayi dari berbagai serangan infeksi virus, kuman dan protozoa.   Minyak kelapa murni bisa dipakai sebagai pengganti mentega dalam masak memasak dan membuat berbagai macam adonan roti dan kuwe.

Minyak kelapa murni bisa digunakan untuk campuran bubur dan untuk mengoles roti. Minyak kelapa murni juga merupakan salah satu ingredien susu formula dan makanan bayi. Karena minyak kelapa murni mempunyai sifat antimikroba yang poten, maka sangat berkhasiat dan bermanfaat sebagai skin lotion.   Di banyak negara dimana para ibu yang sedang hamil sering mempunyai kebiasaan mengoleskan minyak kelapa murni pada bagian perut yang buncit untuk menjaga agar kulitnya tetap halus, supel dan juga mencegah kegatalan.  

Agar program ASI eksklusif pemerintah selama 6 bulan berhasil lebih sempurna, makan kualitas ASI pun ditingkatkan pula secara optimal dengan cara menganjurkan para ibu sejak awal kehamilan sudah mulai mengkonsumsi minyak kelapa murni dan produk olahan buah kelapa agar kadar asam laurat dan asam kaprik nanti waktu menyusui bisa mencapai kadar yang optimum.(Idh)

 

NILAI GIZI MINYAK KELAPA MURNI (Virgin Coconut Oil)       
         Minyak kelapa murni penting bagi metebolisme tubuh karena mengandung vitamin-vitamin yang larut dalam lemak yaitu A, D, E dan K serta pro-vitamin A (karoten) (winarno 1990). Di samping itu minyak kelapa murni mengandung sejumlah asam lemak jenuh yaitu asam laurat (C-12) %, asam miristat (C-14) %, asam palmitat (C-16) %, asam kaprilat (C-8) %, asam kaprat (C-10) %, asam strearat (C-18) % dan asam koprat (C-6) %. Sedangkan asam lemak tak jenuh adalah oleat atau omega-9 dan linoleat atau omega-6 masing-masing 6,5% dan 1,5% (Klintar 1990). Berdasarkan komposisi asam-asam lemak tersebut minyak kelapa murni mengandung asam lemak rantai medium yang tinggi.

        Minyak kelapa murni meiliki efek kesehatan yang sama dengan Air Susu Ibu (ASI), karena asam laurat yang merupakan asam lemak dominan pada kelapa apabila dikonsumsi, dalam tubuh manusia ataupun hewan akan diubah menjadi monolaurin. Monolaurin bersifat antivirus, antibakteri dan anti protozoa. Hasil penelitian membuktikan bahwa monolaurin dapat merusak membran lipida (lapisan pembungkus) virus di antaranya virus HIV,  influenza, dan cytomelagovirus.

        Sebuah penelitian yang dilakukan di India menunjukan bahwa serangan kardiovasikular di pulau Nicobar sangat rendah karena penduduk yang bermukim di pulau tersebut mengkonsumsi kelapa. Sama halnya dengan penduduk di pulau Lashadeveep yang mengkonsumsi daging buah kelapa dan minyak kelapa murni sebagai minyak makan ternyata kasus penyakit jantungnya sangatlah rendah (Thampan, 1994)

        Minyak kelapa juga ternyata dapat mencegah kaker usus besar, payudara dan prostat. Riset membuktikan bahwa 33% yang mengkonsumsi minyak jagung menderita kanker usus, sedangkan yang mengkonsumsi minyak kelapa murni 3% menderita kanker usus.

Dilaporkan oleh B.File dalam Allorerung (2000), manfaat minyak kelapa murni yaitu :
1. Mengurangi resiko alterosklerosis dan penyakit yang terkait
2. Menurunkan resiko kanker dan penyakit degeneratif lain
3. Membantu mencegah infeksi virus
4. Mensupport sistem kekebalan tubuh
5. Membantu mencegah osteoporosis
6. Membantu mengontrol diabetes
7. Memulihkan kembali kehilangan berat badan
8. Menyediakan sumber energi dengan cepat
9. Menyediakan sedikit kalori dibandingkan dengan lemak lain

  1. Menyediakan nutrisi penting untuk kesehatan
  2. Memperbaiki sistem pencernaan dan penyerapan nutrisi
  3. Membantu kulit tetap lembut dan halus
  4. Membantu mencegah kanker kulit
  5. Tidak mengandung kolesterol
  6. Tidak menaikan kolesterol darah
  7. Tidak menyebabkan kegemukan.